Jumat, 12 Oktober 2012

SEO Website




Setelah anda memiliki website, ibarat anda sudah memiliki toko. Langkah berikutnya adalah bagaimana "mengundang" orang-orang agar mengunjungi website anda
Berikut ini adalah beberapa tips sederhana cara mempromosikan website anda di internet. Ada yang gratis dan ada yang berbayar. Bagaimanapun kalau sebuah usaha didirikan, maka usaha promosi adalah wajib. Dan itu pasti sebaiknya akan memakan biaya. Justru banyak pelaku bisnis yang mengalokasikan dana promosi 100% dari biaya pendirian usaha
misal: mendirikan sebuah usaha 100 juta
maka biaya promosi juga 100 juta
Cara ini tidak saja bisa digunakan untuk website anda, tetapi juga website replika shop737 jika anda ingin mendapat komisi dari setiap penjualan website dari shop737
Contoh website yang digunakan dibawah ini adalah Shop737.com, tentunya shop737.com anda ganti dengan website anda sendiri.
  1. Mempromosikan melalui email signature (Klik disini)
  2. Melalui autoresponder email (Klik disini)
  3. Melalui Iklan baris (Klik disini)
  4. Melalui Mailing list (Klik disini)
  5. Melalui buku tamu (Klik disini)
  6. Melalui jejaring sosial (Klik disini)
  7. Melalui forum diskusi (Klik disini)
  8. Melalui cara offline (Klik disini)
  9. Kirim URL ke search engine seperti Google atau Yahoo (Klik disini)
  10. Beriklan di Google Adwords - Sangat dianjurkan (Klik disini)


1. Mempromosikan melalui email signature
Di setiap email yang anda kirimkan, anda dapat mencantumkan signature yang terletak di bagian paling bawah halaman email seperti ini:
=====================================================
Mau punya website pribadi? Murah & memuaskan...Silahkan kunjungi jasa pembuatan website di http://www.shop737.com
=====================================================
(Untuk penulisan alamat web harus dilengkapi http://... agar nantinya si pembaca hanya mengklik link untuk mengunjungi web)
Anda harus setup signature ini, jadi setiap pengiriman email, komentar seperti itu akan muncul otomatis dibagian bawah halaman email yang anda kirim. Bagi pengguna Yahoo Mail, anda dapat masuk ke "OPTIONS" yang terletak di sebelah kanan atas pada halaman Yahoo Mail setelah anda login. Setelah itu pilih "Signature"
Kembali ke menu utama


2. Mempromosikan melalui Auto Responder
Berfungsi dimana setiap kali anda menerima email, maka secara otomatis si pengirim email akan menerima email respon anda, termasuk juga para Spammer, mereka akan secara otomatis menerima respon anda setiap kali mengirim email kepada anda. Tentunya dalam hal ini anda berkesempatan untuk menyisipkan iklan anda di respon yang terkirim ke pengirim email.
Untuk pengguna Yahoo Mail, anda dapat masuk juga ke "OPTIONS (OPSI) ", setelah itu pilih "Auto responder (Balasan otomatis)". Lalu setup masa aktifnya (biasanya tidak lebih dari 6 bulan) dan masukkan kalimat seperti ini:
Terima kasih telah menghubungi saya, email anda akan saya balas secepatnya
=====================================================
Mau punya website pribadi? Murah & memuaskan...Silahkan kunjungi jasa pembuatan website di http://www.shop737.com
=====================================================
(Untuk penulisan alamat web harus dilengkapi http://... agar nantinya si pembaca hanya mengklik link untuk mengunjungi web)


3. Mempromosikan melalui Iklan Baris
Dengan memasang sebanyak mungkin ke iklan baris, anda tidak saja bisa menarik pengunjung dari website iklan baris, tetapi juga dari mesin pencari seperti Google.
Lihat gambar dibawah ini:
gambar iklan baris di google
Gambar diatas (lingkar merah) adalah bukan website kami shop737.com melainkan website iklan baris yang tercantum iklan kami.
Disamping itu semakin banyak link website anda, maka akan semakin baik untuk Link popularity. Tentang hal ini kami jelaskan di bagian promosi lain.
Ada ribuan website iklan baris di indonesia yang mayoritas memberikan layanan beriklan gratis. Anda bisa mencari website baru lagi dengan melacaknya melalui http://www.google.com/. Masukkan kata kunci "iklan mini", "iklan baris" "iklan Jakarta", "Iklan Bandung", "Iklan Batam", dll
Disarankan pada iklan baris tersebut anda menyisipkan kalimat yang sekiranya akan diketik oleh orang yang mencari hal yang terkait dengan produk anda
Jika anda ingin sedikit bermodal, kami sarankan beriklan diAitosubmit.web.id Dengan biaya Rp.30.000 per bulan. Yaitu software memasang ke ratusan web iklan hanya dengan sekali klik.
Atau memasang iklan teks atau banner dengan biaya mulai Rp.50.000 per bulan per iklan di www.spesika.com
Catatan: Kami sama sekali TIDAK ada hubungan kepemilikan dengan web iklan tersebut.


4. Mempromosikan melalui MILIS
Jika anda termasuk orang yang aktif di milis, sarana ini juga dapat digunakan sebagai media promosi untuk website anda.
Milis adalah sekelompok komunitas yang tergabung dalam sebuah perkumpulan on-line untuk berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan media email sentral.
Silahkan mengunjungi www.groups.yahoo.com, lalu anda login terlebih dahulu, (jika belum terdaftar di Yahoo, silahkan anda SignUp). Setelah itu anda ketik di baris "Find a Group" dengan "iklan", "jual beli", atau apa saja, maka akan muncul group milis yang terdapat kata-kata "iklan" "jual beli" sesuai yang anda masukkan. Setelah itu anda dapat mulai bergabung dengan milis tersebut untuk mempromosikan URL anda
Untuk dapat bergabung di milis biasanya anda diharuskan register dahulu dengan memiliki account di yahoo.com. Setelah anda teregister, maka anda dapat mem-posting iklan anda.
Tips: Untuk memilih milis, disarankan jangan yang beranggotakan sampai ribuan orang (justru milis promosi/iklan yang seperti ini). Karena justru biasanya tidak efektif, alias, iklan anda tidak akan pernah terbaca. Itu disebabkan email-email yang terdaftar disitu adalah email sementara yang digunakan orang sekedar untuk menyebarkan "spam" iklan. Dan mereka tidak akan pernah membuka 'email sementara' mereka.
Begitu pula jika anda mendaftar di milis yang beranggotakan terlalu banyak, email anda nantinya akan dijejali iklan-iklan yang memenuhi kapasitas storage email anda. Yang akhirnya email anda sulit untuk diaktifkan. Disarankan bergabung di milis yang berangggotakan maximum 200 orang.
Dalam berpromosi di milis, anda dapat mencantumkan sales letter seperti ini yang tercantum diatas.
Kembali ke menu utama


5. Mempromosikan melalui BUKU TAMU
Melalui buku tamu andapun dapat berpromosi. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berpromosi dimedia ini. Jangan terlalu memberi kesan bahwa anda mengisi buku tamu sekedar hanya memasang iklan. Ini berakibat suatu saat posting anda akan di delete oleh admin. Oleh sebab itu susunlah suatu kalimat yang tidak terlalu bermotif iklan.
Apakah melalui buku tamu akan efektif? Ya, Pertama, sasarannya adalah orang-orang yang melihat buku tamu tersebut. Yang kedua adalah, lagi-lagi, untuk 'menarik perhatian' dari search engine. Semakin banyak anda memposting di website, maka semakin besarlah kemungkinan iklan anda akan muncul di search engine. Karena mayoritas pencarian seseorang di internet pasti akan menggunakan mesin pencari seperti google.com, yahoo.com, altavista.com, dll.
Disamping itu dengan semakin banyaknya link website anda tercantum di website lain (backlink) maka robot search engine akan menganggap website anda memiliki value cukup penting. Maka nantinya akan lebih sering muncul di pencarian.
Sama seperti ketika anda memasang iklan di iklan baris, susunlah kalimat yang mengandung keywords (kata kunci) yang sekiranya orang akan ketik di mesin pencarian (search engine) yang berhubungan dengan tema website anda.
Agar posting tidak terlalu bermotif iklan, maka sebaiknya anda membuat kalimat seperti, "...design website ini menarik juga, suatu saat saya akan kembali lagi. Buat yang ingin memiliki website murah & memuaskan...Silahkan kunjungi jasa pembuatan website di http://www.shop737.com


6. Melalui jejaring sosial
Jika anda aktif di website jejaring sosial seperti facebook.com atau friendster.com misalnya, maka bisa juga dijadikan ajang promosi
Misalnya ketika anda mengisi komentar di wall/News feed di Facebook, maka bisa sesekali sisipkan link anda dengan mengklik yang tersedia Lihat gambar dibawah (dilingkar merah): Masukkan domain anda.
Oleh sebab itu semakin banyak teman semakin baik, maka carilah teman sebanyak2nya.
facebook
Atau anda gabung dengan banyak Facebook Groups, kalau anda suka ber-facebook anda pasti sering mendapat tawaran gabung di sebuah group, ikuti saja, terutama group yang memiliki ribuan orang.
Dengan gabung di sebuah group, anda bisa kesempatan untuk menyisipkan iklan di komentar anda, dan tentunya tulisan anda akan terbaca oleh ribuan member group tsb.


7. Mempromosikan melalui forum
Anda dianjurkan agar aktif dalam beberapa forum / fordis. Anda dapat memasuki google.com lalu ketik "forum diskusi" maka anda akan menemui beberapa forum diskusi. Biasanya anda di anjurkan untuk register terlebih dahulu. Setelah itu anda dapat menyisipkan kata-kata seperti ketika anda menulis di buku tamu.


8. Mempromosikan secara konvensional
Cara-cara offline juga masih efektif untuk mengiklankan website
Anda bisa mencantumkan alamat website anda (domain) di media promosi seperti
  • Televisi (jika anda kebetulan pasang iklan di TV)
  • Radio
  • Media masa cetak (iklan koran, majalah, dll
  • Kartu nama anda
  • Kaos bersablon
  • Stiker
  • souvenier apa saja
  • atau bahkan tertera di produk yang anda jual, sehingga semakin banyak produk terjual, website anda akan semakin menyebar
Kembali ke menu utama


9. Mempromosikan melalui submit URL di search engine.
Selain langkah-langkah diatas, andapun perlu untuk melakukan URL submission ke beberapa search engines seperti google.com, yahoo.com dan Altavista. Fungsinya agar website anda terbaca oleh search engine setiap kali ada netter yang mengetik keywords dikolom pencarian.
Anda dapat memasukkan URL anda ke mesin pencari (search engine) untuk menambah daya promosi URL anda. Silahkan klik disini untuk google.com, (harus punya account google dulu) dan disini untuk yahoo.com (untuk Yahoo harus login dulu)
Pecantuman URL diharuskan lengkap dengan prefixnya (http://...), lihat gambar dibawah:
submit url
Perlu diketahui !
Setelah anda mendaftarkan domain anda ke Google atau Yahoo bukan berarti langsung bisa diakses melalui pencarian. Google bot atau Yahoo membutuhkan waktu untuk mengindex website anda, mengingat mereka mengakomodasi milyaran website di seluruh dunia. Oleh sebab itu tertera setelah submission di Google sbb: "....dan tidak dapat memperkirakan maupun menjamin waktu penayangannya atau apakah URL tersebut akan ditayangkan. "
Yang paling menentukan dalam posisi di pencarian adalah back link. Yakni sering2lah memposting di iklan2 baris. Karena jika crawler sering menemukan website anda di website lain maka algoritma pencarian menyatakan bahwa website anda adalah cukup populer. Maka hasilnya akan lebih sering muncul di halaman2 utama. Jadi semakin banyak back link semakin baik.
Satu hal yang perlu diketahui adalah, ada jutaan website diluar sana yang semuanya juga mau di halaman pertama pencarian.
Kalau ingin di urutan pertama di pencarian, ikuti langkah dibawah ini

10. Mempromosikan melalui Google Adwords (sangat disarankan)
Jika anda ingin bermodal, sebaiknya beriklan di Google adwords, yakni nantinya website anda akan selalu muncul di halaman2 utama pencarian di Google. Inilah cara beriklan paling efektif, karena misalnya anda mensetting iklan dengan kata kunci "jual pulsa" maka ketika ada orang memasukkan kata kunci "jual pulsa" website anda akan muncul di halaman pertama. Jadi iklan akan lebih tertarget kepada orang2 yang sedang mencari jual pulsa.
Biayanya dihitung per klik, jadi jika iklan anda di klik seseorang maka anda terkena biaya sekitar Rp.500 hingga Rp.2000 (rata2 pencarian bhs Indonesia)
Bayangkan dari 10 orang yang masuk (misalnya 15.000 biaya klik) satu orang diantaranya membeli produk anda seharga Rp.50.000 maka anda masih untung Rp.35.000. Lalu bagaimana jika ratusan orang ? silahkan berhitung...:-)
Pembayaran di bayar dimuka ke Google, misalnya anda membayar dimuka Rp.100.000, maka jika iklan anda di klik... kredit 100.000 itu akan berkurang dipotong biaya klik. Sayangnya saat ini pembayaran ke Google hanya bisa dengan kartu kredit. Bisa transfer bank tapi cukup memakan waktu.
Selengkapnya beriklan di Google Adwords KLIK DISINI

Tidak ada komentar: